Label

Selasa, 29 November 2011

Be a Coconut



Kenapa kelapa? Kenapa gak jeruk? Tomat? Durian? Hehehe..
Bukan bermaksud men-deskriminasi-kan buah yang lain, hanya saja tadi waktu nyari inspirasi mau nulis apaan eh..mata tertuju ke pohon kelapa. Jadi eng..ing..eng.. kelapa jadi tema.

Oke, lanjut. Berbicara mengenai tumbuhan yang satu ini, berarti membicarakan tumbuhan serba guna loh. Kenapa? Karena semua bagian dari kelapa itu berguna. Aku udah merangkum beberapa manfaat dari kelapa, cekidot..

·         Akar          :    Bagian paling dasar dari pohon kelapa ini selain digunakan sebagai
 bahan zat pewarna perabot ternyata akar ini telah menginspirasi seorang inssinyur bernama Bpk. Sedyatmo dalam menemukan konstruksi penyangga bangunan (apron). Konstruksi ini telah dipatenkan dan dipakai di luar negri. Untuk dalam negri kita dapat melihatnya konstruksi ini di landasan bandara Polonia dan Soekarno-Hatta.
(Bayangin..terinspirasi dari akar pohon kelapa!!)

·         Batang      :    Ini sudah jelas fungsinya sebagai papan dalam pembuatan rumah
                      ataupun perabot.
·         Daun         :    Daun kelapa bila telah dikeringkan dahulu digunakan sebagai atap
rumah (sampai sekarang masih digunakan di desa pedalaman). Daun yang masih muda sering disebut ‘janur’ dipakai sebagai bahan anyaman ketupat dan hiasan dalam upacara adat suku Jawa dan Bali. Tangkai daun (lidi) setelah dikeringkan dan dihimpun menjadi satu digunakan sebagai sapu.
·         Bunga        :    Bunga betina nya bisa dimakan loh (dalam bahasa jawa disebut
‘bluwuk’). Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga disebut nira dapat diminum.
·         Buah          :    Ini bagian yang paling bernilai ekonomi. Sabutnya yang berupa serat
                      Kasar diperdagangkan sebagai pengisi jok kursi, anyaman tali, keset,
Serta media tanam bagi anggrek. Tempurung (batok) kelapa digunakan sebagai bahan bakar, pengganti gayung, dan berbagai kerajinan tangan. Cairan dalam buahnya yang mungkin sering kita minum ternyata bermanfaat sebagai penetralisir racun loh. Endapan dari cairan tersebut (Degan) dibuat sebagai campuran minuman es. Daging buah yang tua dan mengeras berwarna putih, setelah diparut dan diperas akan menghasilkan santan. Jika dikeringkan disebut kopra yaitu bahan baku pembuatan minyak kelapa. Cairan dari buah yang sudah tua dapat dibuat sebagai bahan jelly yang disebut nata de coco.


Itu semua manfaat kelapa loh..banyak banget kan? Bahkan mungkin bisa lebih banyak dari itu. Dari ujung ampe ujung semua bermanfaat. Nah, The question is  jreng..jreng..  How about us? Sebagai manusia, yang jauuuuhhh lebih canggih dari kelapa, sudah kah kita bermanfaat? Nggak usah berfikir yang terlalu rumit deh, Maksudnya disini bukan manfaat dari tiap bagian tubuh kita. Melainkan manfaat dari apa yang kita lakukan. Contohnya para ilmuwan, penemu, dll. Apa yang mereka ciptakan memberikan manfaat bagi umat manusia kan? *semua ngangguk :D* 

Trus, kalau mau bermanfaat harus jadi jenius dulu, gitu?? Enggak guys.. guru, dokter, koki, supir, petugas kebersihan juga memberikan manfaat kan? Kita bisa menebarkan manfaat bukan dari pekerjaan yang kita miliki melainkan dari hal hal yang kecil. Dari mulai berbicara. Berbicaralah yang baik-baik, menghibur, memberikan informasi yang baik, itu bermanfaat kan?. Bahkan dengan diam pun kita bisa bermanfaat. Saat seseorang teman menangis,butuh teman untuk mendengarkan keluh kesahnya, hanya dengan diam dan mendengarkan, berempati, kita sudah memberi manfaat. Apalagi kalau kita bekerja, mendapat penghasilan, kemudian kita gunakan untuk hal hal yang baik, kita berbagi dengan yang tidak mampu, itu lebih dari sekedar manfaat. Kita jadi ‘berarti’ bahkan ‘berharga’. Walaupun kita bukan superstar, bukan tokoh masyarakat ataupun pejabat tinggi Negara. Udah berapa lama kita hidup di dunia? Manfaat apa saja yang sudah kita berikan kepada sesama?

Although just an ordinary people, Can we do something that makes us meaningful for the other? Have we done that? Think J

See Yaaa..

9 komentar:

  1. jadi inget pramuka.
    kenapa kelapa jadi lambang pramuka?
    uraian anda di atas lah jawabannya :D

    salam kenal juga :)

    BalasHapus
  2. Alangkah senangnya kalau hidup kita jadi bermanfaat semua seperti kelapa ya ...

    BalasHapus
  3. kok kepikiran juga ya dgn kelapa,,btw ni asalnya siantar ya,,

    BalasHapus
  4. Hmmm... sindirian yang mencengangkan! Daku jadi merenungi diriku sendiri: adakah daku memberikan manfaat walau hanya secuil kepada orang selain kerabatku?! Makasih, Cantik... artikel yang inspiratif dan menggugah introspeksi diri!
    Salam sahabat;
    Langsung follow #7 (CahNdeso), bila sudi foll-bak, daku sangat bangga!

    BalasHapus
  5. berarti coconut itu termasuk zero waste product karena semua bagian bisa dimanfaatkan.. yah, contoh yang sempurna untuk diterapkan dalam kehidupan bahwa dimanapun kapanpus selayaknya memeberikan manfaat bagi orang lain. betul yah?

    BalasHapus
  6. sebenarnya banyak lagi lhoh yg seperti kelapa....
    misalnya yg favorit adalah pisang....
    daunnya tahu sendirilah buat apa....
    buahnya enak....
    batangnya buat industri mbako...
    :P

    salam kenal...
    ijin follow....
    kalau berkenan follow balik ya...
    :)

    BalasHapus
  7. @kevin: Dulunya ank pramuka ya..:D

    BalasHapus
  8. @stupid monkey : bukan hny bhagia,tp jg brharga sob :)

    @al kahfi: apa j bs jd inspirasi mas :)
    asal siantar,tggal jg dsno ;D

    BalasHapus
  9. @CahNdeso : Terimakasih :) ntr aq folback.,
    @Gaphe : betul..betul.. 100 bwt anda :)
    @zone : iya jg ya.. Ok ntr aq folback :)

    @all : trmakasih sdh brkunjung dan brkomentar :)

    BalasHapus