Label

Blink Blink (5) Tokoh (2)

Senin, 14 November 2011

take n give :)

Memberi
Hari ini aku pengen ngomongin tentang sedekah. Kenapa sedekah? Entahlah..tiba tiba teringat aja sama ceritanya khadimat (baca:pembokat) di kantorku. Di kantor tempatku bekerja ada 2 orang office boy dan yang 1 lagi seorang ibu yang bekerja sebagi khadimat. Nama ibu tersebut adalah aisyah. Dia seorang janda dengan 4 orang anak laki-laki. Aku selalu memanggilnya dengan sebutan kakak (krn masih muda cuy).
 
Nah,  kak aisyah ini sebenarnya cukup cantik parasnya,hidungnya mancung,badannya tinggi (sejujurnya dia ga cucok bgt bekerja sebagai PRT). Kami sering ngobrol kalo lagi jam makan siang. Suatu hari, K aisyah bercerita tentang bagaimana capenya menjalani hidup sebagi single parent. Mulai dari pagi setelah subuh ia harus nyiapin sarapan (sekaligus makan siang) untuk anaknya. Kenapa lauk makan siang aku tulis sekaligus?karena kak aisyah pulang kerja sama denganku jam 5 sore,jadi kalo ga dimasakin sekalian ntar siang anaknya makan apa dong??. Kerja dari pagi ampe sore,Belum lagi kadang ada tu tetengga yang usil cibir sana cibir sini karena statusnya sebagai janda.
Cerita punya cerita..k aisyah bilang Alhamdulillah karena rezekinya itu seakan selalu mengalir, walau tanpa ia sadari. (lho??kok bisa) Bukan menyepelekan profesinya. Cuma ya sejujurnya aja, kita kan bisa memperkirakan dengan gaji 25 ribu sehari,menghidupi 4 orang anak pula. Kalau pake logika manusia gak bakal nyampe kesana. Dari sinilah bisa kita lihat bahwa rezeki itu Allah yang ngatur.     
Kak Aisyah (KA)         : “ Kakak dulu kurang percaya dek kalau makin kita memberi,makin kita                                        banyak rezeki. Tapi ternyata itu beneran loh..”
Juwi imut (Ji)              : Oh ya..Emang kenapa k? Ada pengalaman gitu?
KA                                    : ” Iya dek, kemarin waktu di pasar kakak belanja ni, ada pengemis,                                                  kasian bener,udah tua”
JI                                         : “Trus kak?”
KA                                    : “Karena kasian kk maksudnya mau ngasih 5 ribu, kakak ubek ubek tas                                           kakak, ga ada uang pecahan 5 ribuan. Yang ada Cuma uang sepuluh ribu                                           an dua lembar. Emang uang kakak pun cuman tinggal segitunya.”
Aku nya mengangguk angguk sambil serius mendengarkan.
KA                                     : “Ya..trus kk kasih aja yang sepuluh ribu selembar. Eh..sampe di rumah                                         tetangga sebelah ngasih daging ayam beberapa potong. Alhamdulillah                                             bisa untuk lauk anak kakak..”
JI                                     : “Iya..alhamdulilah” (Sesuatu..aku nyambung dalem hati *belagak                                                   syahrini*)
KA                                    : “ Bukan itu aja dek, besoknya anak kakak yang nomer tiga ama yang                                              paling kecil dapet santunan anak yatim dari orang yang ngadain                                                  syukuran, 100 ribu dek. Kakak jadi ngerasa sedekah 10 ribu dibales Allah                                                 10 kali lipat”
Kak aisyah berkata dengan mata berbinar dan sedikit berkaca kaca. Sepertinya ia benar benar bersyukur sekali. Aku yang mendengarnya pun seperti ikut merasakan.
JI                                          : “SubhanaAllah” gumamku pelan
KA                                     : “ ada lagi dek, kakak punya tetangga seorang ibu tua yang tinggal sama                                         anaknya. Tapi karena anaknya sibuk kerja,kadang nenek itu kurang diperhatikan. nenek itu sering berkunjung kerumah kakak sekedar ngobrol sama kakak atau anak kakak. Karena kakak juga udah anggap dia seperti mamak kakak sendiri, kalau dia pulang sering kakak bawakan beras atau uang. Yah walaupun gak banyak, kakak Cuma berharap Allah membalas dengan membantu mamak kakak yang tinggal jauh dari kakak. Kakak gak bisa membayangkan kalau kondisi mamak kakak seperti nenek itu dan gak ada yang memperhatikan gimana coba?”
 Katanya panjang lebar. Akunya hanya mengangguk mengiyakan.
KA                               : “Besoknya..Tuh nyonya ngasih uang gaji plus bonus katanya,ntah kena bisikan dari mana kakak juga gak tau, kok bisa nyonya kita yang pelit itu nambahin pake bonus segala. Lagi lagi sedekah kakak yang gak seberapa itu Allah yang bales.”
JI                                   : “iya kak..Yakin aja kalau kita memberi apalagi ikhlas pasti balasannya berkali lipat kak.. gak dibalas dengan materi, mungkin dengan kesehatan tau yang lain kak..”
Kak aisyah mengangguk mendengarkan tanggapan ku.
KA                                :” sebenarnya banyak dek yang udah kakak rasakan dari sedekah yang kakak lakuin, yang pasti InsyaAllah walaupun Cuma pembantu, anak kakak bisa sekolah, dan ga kekurangan.”
Tiba tiba Terdengar suara si nyonya kami memanggil “Aisyaaaaaahhh!!”. Jadinya pembicaraan kami ampe situ aja deh.
Tentang sedekah, sebenarnya aku mulai tau dahsyatnya dari buku  7 keajaiban rezekinya Mas @Ipphoright. Dan Alhamdulillah isi dari buku itu pelan pelan aku terapkan. Mendengar kisah dari kak aisyah, aku menyimpulkan bahwa, kadang materi yang banyak bukan jaminan kalau orang tersebut mau berbagi. Buktinya seorang khadimat kayak kak aisyah yang notabene berpenghasilan pas pasan masih bisa berbagi. Sementara banyak pemilik toko yang kadang tokonya didatangi pengemis,Cuma ngasih dikit itupun kadang pake ngomel, ada juga yang bukannya ngasih sedekah malah kadang ngusir sambil ngomel  begini : “ntar kalo dikasih mulu kebiasaan, keenakan dia datang datang lagi” padahal mungkin tanpa dia sadari seandainya dia memberi, tokonya bisa makin ramai oleh pembeli.  Semoga kita bukan salah satu dari yang bermental “Pemilik Toko”. Karena nantinya hati seorang “khadimat” yang ikhlas seperti kak aisyah yang Insya Allah akan menjadi penguni syurga nya Allah kelak.




2 komentar:

  1. mungkin lebih asyik kalo give and receive...

    keep posting..

    BalasHapus
  2. @akhnurhadi
    Iya ya pak..hehe
    Trimakasih ats sarannya dan krn udh singgah di blog sy yg msh newbie :)
    *hormatsamasenior* :D

    BalasHapus