Label

Sabtu, 28 Januari 2012

Special Things





Segala sesuatu diciptakan unik dan spesial. Sebuah benda tak perduli bentuknya besar atau kecil, sebutir pasir ataupun seonggok batu karang, semua memiliki keunikan tersendiri. Walaupun batu karang bisa menahan hempasan ombak,bukan berarti ia lebih berharga dari pasir. Tanpa pasir yang menjadi campuran semen, bangunan yang kita tinggali saat ini tidak dapat berdiri dengan kokoh.  Dan, tahukah sahabat bahwa mutiara yang terdapat di dalam kerang mutiara itu sebenarnya besasar dari pasir?.
Pasir yang masuk kedalam cangkang kerang dan terperangkap di lapisan mantel yang menghasilkan nacre  yang kemudian akan membungkus pasir tersebut sehingga terbentuklah mutiara.
Pasir yang terhampar di tepian pantai, yang sangat jarang kita perhatikan ternyata bisa berubah menjadi mutiara.
Begitu pula dengan diri kita, bila mungkin saat ini kita begitu kecil,tak terlihat dan terabaikan, bukan berarti kita ‘tak berarti’. Kita hanya perlu belajar dan mencari tempat dimana kita bisa menjadi istimewa. Mungkin tidak instan. Mungkin perlu waktu yang lama bahkan sangat lama. Tapi percayalah bahwa waktu yang kita lewati adalah proses. Proses pembelajaran yang nantinya akan membuat kita semakin kuat namun indah dan istimewa seperti mutiara.



 Tulisan ini terinspirasi dari Satu senti kisah : Kancing Baju Seseorang:
Sebuah kancing. Benda pipih yang kecil ternyata bisa menyimpan kenangan yang bahkan bisa menciptakan seulas senyum ketika melihatnya. Benda yang tak memiliki daya rekat, namun bisa menyatukan erat hati dua sahabat. Benda kecil yang kadang terabaikan, walaupun tidak bisa berubah menjadi mutiara seperti pasir, namun bila sebuah kemeja kehilangannya walau hanya sebuah, kemeja itu tak akan sempurna.   
Tulisan ini aku ikutsertakan dalam
Giveaway kemilau cahaya emas yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain

Senin, 23 Januari 2012

Sama tapi Berbeda


Agustus 2009

Belasan siswa SMK Otomotif yang sedang menunggu angkot untuk pulang. Tiba-tiba sebuah truk datang membawa puluhan siswa SMK Voltek yang langsung menyerang. Tawuran pun tak terelakkan. Dua siswa luka parah dan satu siswa menjadi korban tewas saat itu. Peristiwa itu terjadi di Tangerang.


Dalam kurun waktu setahun ( 2010 ) tujuh nyawa melayang sia-sia akibat tawuran. Lima diantaranya pelajar, sementara dua lagi merupakan warga yang kebetulan melintas.
Miris mendengarnya, apalagi pada saat dilakukan razia pelajar di daerah Bogor, di dalam tas siswa ditemukan clurit, pelajar yang seharusnya membawa buku dan alat tulis malah membawa senjata tajam.

Sementara itu sepanjang 2011 tercatat ada 339 kasus tawuran yang mengakibatkan 82 pelajar meninggal dunia.  Innalillah.. 

*****

Awal 2009.
Sebuah mobil Toyota Crown dibedah oleh beberapa siswa, diambil Chassis nya untuk kemudian dibuat menjadi sebuah mobil Jip ukuran besar dengan model persis dengan Toyota Land Cruiser Turbo. Namun karena ketidak seimbangan antara bodi yang besar dengan kapasitas mesin yang hanya 1.500 cc, membuat Jip recycle tadi tidak dapat bergerak maju, hingga akhirnya mobil gagah itu menjadi produk gagal yang teronggok di bengkel.

2011
Kegagalan tidak membuat para siswa SMKN 1 Trucuk itu patah semangat, mereka malah berinovasi untuk merakit mobil sendiri. Tercetuslah design mobil Kiat Esemka jenis SUV berkapasitas mesin 1.500 cc. Komponen mobil ini, buatan home industry dimana 80% komponennya menggunakan komponen local antara lain : Mesin buatan SMKN 1 Jakarta,Blok mesin buatan industry cor logam Batur-Ceper Klaten,Body Cup,interior jok dan cat buatan Kiat Motor. Sedangkan 20 % Komponen import nya adalah garden,karburator,system injeksi, metal duduk, metal jalan dan system kelistrikan. Protoptipe mobil ini merupakan campuran dari berbagai jenis mobil seperti CRV, Ford Everest, KIA Prado, Mitsubhisi Pajero, dan Nissan X-Trail. Blasteran banget kan? Mobil yang dibandrol dengan harga Rp. 95 jutaan per unit ini ternyata banyak yang suka, bahkan dua unit sudah digunakan sebagai kendaran dinas walikota Solo bapak Joko Widodo.
Sebenarnya mobil yang sedang hangat diperbincangkan ini memiliki banyak pendahulu. Salah satunya adalah mobil Esemka Digdaya yang sempat dipamerkan di Jakarta tahun 2010. Ada juga mobil Esemka Rajawali, dan malah jauh sebelumnya, SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Jawa tengah, sudah memproduksi hingga 50 unit mobil dengan berbagai tipe antar lain Ambulance sehingga sejumlah rumah sakit Muhammadiyah berlomba membelinya. Keren kan?

Sampai saat ini memang masih ada saja yang mengkritik mobil yang diberi nama ‘Kiat Esemka’ ini, salah satu nya ada yang mengatakan kalau komponennya meniru merk merk terkenal.  Sebenarnya Pola kerja ini mencontoh dengan apa yang dilakukan Negara China ataupun Korea pada saat mulai merintis industri. Whatever menurut aku siswa-siswa ini luar biasa. Saluutt.. Kalau dulu ada celetukan atau pandangan yang meremehkan murid SMK, ini saatnya membuktikan kalau SMK gak kalah dari SMA Negri sekalipun.    

Januari 2012 ini, SMK Banjar Jawa Barat baru merakit laptop yang diberi nama FunTop, dan telah berhasil masuk ke pasaran di banjar dengan pesanan 40 unit. FunTop yang dipasarkan dengan harga 2,7 juta rupiah ini, memiliki layar 13 inchi,internal memory 2 Gigabyte, dan 320 Gigabyte hard disk.

Masih di Januari 2012 SMKN 29 Jakarta juga telah berhasil membuat sebagian komponen pesawat dan bahkan membuat pesawat walaupun sebagian besar komponen lain masih harus diimport. Pesawat non komersial ini bernama Jabiru. Jabiru tidak seperti pesawat lain yang berbahan bakar avtur, namun pesawat ini menggunakan pertamax 95. Dengan 140 liter pertamax 95, pesawat ini berkemampuan terbang selama 8 jam nonstop. Jabiru yang dibandrol dengan harga 1,3 M ini juga telah diuji terbang oleh para instruktur siswa sampai ke Riau dan Kuala lumpur.  Ckckck..Generasi muda Indonesi yang luar biasa..Saluutt..
 
Well,
Kenapa judul postingan ini “Sama tapi Berbeda”?

Kontras.
Sama-sama murid Sekolah Menengah. Usianya pun pasti sama. Sekolah di Negara yang sama. Pada tahun yang sama.
Tapi apa yang terjadi? Satu sisi Pelajar terlihat begitu anarkis dan negative dengan tawuran. Tapi, disisi yang lain Pelajar menyibukkan diri dengan prestasi, berkompetisi dan berinovasi.


What do you think?

Semoga yang negative makin terkikis dan habis oleh prestasi yang kini sedang dirintis.

See Ya..

Rabu, 18 Januari 2012

Imlek 2563





Setiap tahun aku selalu ikut merayakan tahun baru Imlek. Hal ini karena darah Tionghoa yang dibawa ayahku. Makanya, jangan heran kalo liat mata cipit dan hidung ku yang kecil (baca:pesek)
 

Berhubung karena aku muslim (Alm.Ayahku muallaf) kami sekeluarga merayakannya di rumah keluarga ayah yang memang masih menganut agama Buddha. Keluarga ku emang lumayan unik, kalau ayahku menikah dengan ibuku yang suku Jawa, Adik ayahku menikah dengan wanita berdarah Batak, jadinya satu keluarga berasal dari berbagai Etnis. Bhineka tunggal Ika banget deh #halahlebay.


Walaupun begitu Alhamdulillah hubungan Silaturahmi kami sekeluarga sama sekali tidak terganggu dengan segala perbedaan itu. Kami saling menghargai, ketika Lebaran tiba mereka pasti berkunjung kerumah untuk mengucapkan selamat. Mereka juga menghargai ketika kami berpuasa, dan kalau mengenai makanan kami tidak perlu khawatir karena keluarga ayah vegetarian semua.

Kembali ke topic awal, Aku ingin men’share’kan sedikit yang aku ketahui tentang Tahun Baru Imlek. So Cekidot!


 
Sejarah

Perayaan Imlek menurut sejarah secara umum dimulai pada zaman dinasti Han (± 206 SM – 220 M). Kaisar pertama dinsati ini bernama Han Wu Di. Beliau merupakan penganut konfusianisme sejati karena dalam menjalankan pemerintahannya ia juga memakai konsep konfusianisme. Penanggalan Imlek sendiri dihitung berdasarkan perhitungan bulan dan tahun kelahiran Konfusius / Konghucu, yang jatuh pada tahun 551 SM. Kata ‘Imlek’ bila diartikan yaitu Im= Bulan, Lek= Penanggalan (dialek Fujian), artinya : penanggalan yang dihitung berdasarkan peredaran bulan. Berbeda dengan penanggalan Masehi yang dihitung berdasarkan peredaran Matahari.

Makna

Selama berabad abad Imlek dirayakan, mungkin bagi sebagian orang belum tahu kalau sebenarnya perayaan ini bukanlah perayaan keagamaan. Awalnya Imlek merupakan perayaan bagi para petani untuk menyambut musim semi, namun seiring berjalan waktu Imlek juga dirayakan oleh masyarakat yang bukan berasal dari golongan petani saja. Makna spiritual dari Imlek diantaranya :
1. Silaturahmi, saling berkunjung kerumah orang tua maupun saudara.
2. Kesadaran untuk berbagi, baik itu berbagi kebaikan maupun rezeki.
3. Kesederhanaan yang terlihat dari tidak adanya aturan yang baku dalam merayakan
Imlek. Imlek bisa dirayakan oleh setiap pribadi, keluarga, ataupun kelompok masyarakat dengan latar belakang yang berbeda, dan dengan kemampuan masing-masing.



Tahun Baru Imlek di Indonesia

Selama tahun 1968 – 1999, perayaan tahun baru Imlek dilarang dirayakan di depan umum. Hal itu berkenaan dengan Instruksi Presiden No.14 Tahun 1967 pada masa rezim Orde Baru dibawah pimpinan Presiden (Alm.) Soeharto yang melarang segala hal yang berbau TiongHoa, diantaranya Imlek.
Kebebasan merayakan Imlek kembali didapatkan oleh masyarakat TiongHoa pada tahun 2000 ketika Presiden (Alm.) KH.Abdurrahman Wahid mencabut Inpres No.14/1967. Beliau juga menindaklanjuti dengan mengeluarkan Keputusan Presiden No.19/2001 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur fakultatif (berlaku hanya bagi yang merayakannya). Kemudian pada tahun 2002, Imlek dinyatakan resmi sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Tradisi

Ada beberapa tradisi yang dilakukan etnis TiongHoa dalam merayakan Imlek yaitu :
·      Menyediakan hidangan istimewa. Makanan khasnya adalah kue keranjang yang nantinya dikirimkan kepada keluarga atau saudara.
·      Berpakaian yang bagus dan rapi.
·      Anak-anak (yang lebih muda) memberi hormat kepada orang tua dengan cara pai-pai (mengepalkan kegua tangan sambil digoyang-goyang ke depan dan kebelakang).
·      Memberi Angpao. Angpao adalah amplop berwarna merah berisi uang yang nantinya akan diberikan oleh dari orang tua (yang sudah menikah) kepada yang lebih muda.
·       Membakar petasan atau kembang api. Hal ini merupakan symbol dari kegembiraan atas rezeki yang ‘meledak’. Selain itu, ada juga tradisi memanggil barongsai dan lampion sebagai makna keberuntungan.
·       Tradisi saling mengunjungi. Tradisi ini berlangsung selama 15 hari. Hari akhir yang merupakan hari ke 15 ini juga akan diadakan perayaan Cap Go Meh (Pada saat bulan purnama, perayaan ini khas dengan kue bulannya)

Nah, itulah sedikit informasi mengenai perayaan Tahun baru Imlek. Semoga menambah wawasan para sobat semua.. See Yaa..
Happy Chinnes New Year 2563 !!! Gong Xi Fa Cai, Xin  Nian Kuai Le. #ngidupinpetasan :D  

            

Rabu, 11 Januari 2012

Teman ber- ‘Racun’



Setiap orang pasti memiliki teman. Berteman itu sangat mengasyikkan, karena kita bisa berbagi segalanya mulai dari berbagi cerita, suka, duka, bahkan berbagi makan hehehe. Tapi, pernahkah selama ini kita mengevaluasi hubungan pertemanan kita? Apakah hubungan pertemanan kita benar-benar menyenangkan?
You know guys, ada hubungan pertemanan yang bisa menyebabkan kelelahan psikologis loh..
Salah satunya adalah TTM yang merupakan singkatan dari Temen Tapi Mesra.
Ini berefek negative banget khususnya bagi yang sudah memiliki pasangan
*jangan dibahas lebih lanjut deh kayaknya*
Ternyata eh ternyata TTM itu bukan hanya memiliki satu arti tapi banyak. Beberapa diantaranya :

TTM -> Temen Tapi kok Maling ..#eh
TTM -> Temen Tapi kok suka Maksain..#eh lagi
TTM -> Temen Tapi kok Merintah mulu..#waduuh
TTM -> Temen Tapi Monyong.. #ehehe :D *yang ini murni becanda*

Salah satu penyebab kenapa sebuah hubungan pertemanan bisa berakibat buruk bagi psikis kita adalah karena sikap, yang kalau dalam bahasa sansekerta disebut attitude.
Sikap yang sepertia apakah itu? Menurut yang aku kutip dari oprah.com, ada 5 teman yang mungkin harus kita hindari (karena sikapnya) antara lain :

1.      Teman yang selalu menyalahkan.
Menyalahkan disini maksudnya bukan semata menyalahkan kita, tapi juga menyalahkan segalanya. Pernah nggak sobat berteman dengan orang yang selalu mengeluh terus-menerus?Mulai dari hal yang kecil sampai yang besar. Semua hal terkesan tidak ada yang benar di matanya.
Mendengar keluhan nya yang selalu menyalahkan segala hal tanpa henti bisa membuat telinga kita ‘lelah’, dan tanpa disadari dapat menaikkan kadar stress pada diri kita.
Tips nya : Jangan berlama-lama berdekatan dengan teman yang seperti ini.

2.      Teman yang selalu Haus.
Maksudnya bukan haus minuman. Tapi haus akan bimbingan, dukungan, saran, atau apapun itu yang bisa membuat ia lebih baik. Pada dasarnya teman seperti ini memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, sampai-sampai ia akan bercerita tentang hal yang itu lagi- itu lagi yang tujuan utamanya agar ia feel good. Saran kita tidak akan membuatnya berhenti bercerita dan bertanya kecuali, apa yang kita saranin sudah sesuai dengan apa yang dia inginkan sebenarnya. Singkatnya ia tak akan berhenti sampai kita meng-amini opininya. Cape de..

3.      Teman yang terlalu Nyablak. (Baca: Blak-blakan)
Punya teman seperti ini bisa membahayakan kesehatan loh. Kenapa?Bisa bikin tertekan bathin mamennn..
Saking nyablaknya ia bisa menegur dengan mengolok-olok sehingga terkesan mempermalukan kita di depan umum. Tipikal ini biasanya menegur dengan sarkastik dan lontaran yang pedas, namun jika kita complain akan sikapnya, ia pasti akan berdalih “ini demi kebaikanmu”

4.      Si Pemotong Pembicaraan.
Nah..loh.. Ini lumayan banyak deh kayaknya. Pernah gak pas lagi ngomong eh.. dipotong gitu aja omongan kita. Kudu njitak aja rasanya. Temen yang begini biasanya selalu merasa paling tau, paling benar dan cenderung selalu mencari kesalahan orang lain. Berkomunikasi dengan teman seperti ini sangat melelahkan sehingga kita akan lebih sering mengalah, berhenti berbicara dan memutuskan untuk menjadi pendengar yang baik saja.

5.      Gossip- perssss
Para Gossipers biasanya akan mendapatkan energy ketika membicarakan kejelekan orang lain. Hindari berteman terlalu dekat dengan tipikal orang seperti ini, karena bisa jadi kita akan menjadi ‘korban’ selanjutnya.Waspadalah..
Well, bukan tidak boleh kita berteman dengan semua orang, tapi sepertinya kita harus memilah-milah mana yang bisa kita jadikan sebagai ‘teman dekat’ atau hanya sekedar ‘teman biasa’ saja.

Kira-kira dari ke lima tipe teman diatas, ada gak ya..yang salah satunya adalah teman
kita?
Yang terpenting, jangan sampai kita menjadi salah satunya. :D

Semoga bermanfaat .. See Yaaa..

Minggu, 08 Januari 2012

R o k o k



Rokok.
Hm..Siapa yang nggak kenal dengan ‘sesuatu’ ini?. Rokok selalu identik dengan kaum Adam, namun saat ini sepertinya rokok sudah memperluas jaringannya hingga memasuki para hawa. Aku juga nggak tau apa sih enaknya merokok. Taunya ya kalau merokok itu lebih banyak mudharatnya. Selain nggak baik untuk kesehatan tubuh, rokok juga mengganggu kesehatan dompet loh..Hehe

Actually, Beberapa waktu yang lalu ceritanya pemerintah sudah akan menetapkan Peraturan Pemerintah yang berkaitan dengan rokok. Lebih tepatnya tentang Pengamanan produk Tembakau. Peraturan Pemerintah ini berisi tentang aturan larangan penayangan iklan rokok, sponsor acara, Kegiatan CSR,Larangan penjualan rokok secara eceran dan larangan penjualan pada orang dibawah 18 tahun serta wanita hamil.

RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) ini, dibuat berdasarkan UU No.36 Tahun 2009 Pasal 113 ayat (2) tentang kesehatan yang berbunyi :
 “ Zat adiktif sebagaimana yang dimaksud dalam ayat (1) meliputi tembakau, produk yang mengandung tembakau, padat, cair, dan gas yang bersifat adiktif, yang penggunaannya dapat menimbulkan kerugian bagi dirinya dan atau masyarakat disekelilingnya. Produksi, pengedaran dan penggunaan bahan yang mengandung zat adiktif harus memenuhi standart dan atau persyaratan yang ditetapkan.”
Dengan kata lain UU tersebut menyatakan bahwa Tembakau dilarang untuk dikonsumsi dalam bentuk olahan apapun.


Mungkin bagi yang bukan perokok atau yang selama ini suka terganggu dengan asap rokok bakal tenang-tenang aja bahkan cenderung mendukung kebijakan pemerintah ini. Namun bagaimana dengan para petani tembakau?
Petani tembakau melalui Wakil ketua Lembaga Pengembangan Pengurus Wilayah Nahdathul ulama (LPPWNU) Kalimantan Timur, Bpk. Elvyani NH Gaffar, Dalam keterangan tertulis, mendesak pemerintah dan DPR untuk segera merevisi UU kesehatan dan membatalkan pengesahan RPP tentang Tembakau yang dinilai telah menindas sekaligus mengkhianati para petani tembakau.
Kenapa menindas? Bila RPP ini berlaku nantinya, petani tembakau akan takut untuk menanam tembakau, sehingga mereka akan kehilangan pekerjaannya.

Kenapa mengkhianati? Selama ini komoditas tembakau telah membantu pemerintah secara ekonomi, Kalkulasinya dalam setahun pemasukan Negara dari komoditas ini mencapai Rp.53 Triliun. Nah, mungkin maksud dari ‘mengkhianati’ dalam hal ini adalah bahwa selama ini pemasukan Negara sudah dibantu oleh komoditas ini, kenapa sekarang malah mempersulit dengan RPP . Belum lagi ada argument yang menyatakan bahwa kretek merupakan warisan tradisi budaya bangsa.
Ribuan petani tembakau tidak hanya menuntut untuk membatalkan rencana pengesahaan RPP Anti Tembakau,  mereka bahkan juga meminta presiden agar mengganti menteri Kesehatan dan Menteri Pertanian yang menurut mereka tidak pro terhadap petani.
Terlepas benar atau tidaknya besar angka penerimaan Negara yang telah disebutkan tadi,Dari sisi lain kita bisa melihat bahwa bisnis rokok telah menjadikan beberapa orang Indonesia menjadi milyarder dunia.
Bpk. Budi Hartono yang dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai peringkat pertama orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US$14 miliar atau 125 triliun rupiah. Tahukah sobat siapa dia? Beliau adalah pemilik dari pabrik rokok Djarum.
Ada juga keluarga Wonowidjojo yang berada di peringkat kedua orang terkaya dengan kekayaan US$10.5 miliar atau 21.9 triliun rupiah, berkat PT.HM Sampoerna Tbk miliknya. (yang kemudian ia jual ke Philip Morris Internasional)

Sebenarnya ironi sekali mengingat kekayaan para miliader ini disumbang dari rokok yang dibeli oleh orang miskin di negeri ini. Pak Budi Hartono sebagai orang terkaya dengan penghasilan Rp.340 miliar per hari, sementara rakyat Indonesia rata-rata 85ribu per hari.

FYI (baca: For Your Information) Indonesia merupakan negara penghasil rokok terbesar di dunia menyusul China dan India. Penggunaan system cukai di Negara lain adalah untuk upaya pengendalian rokok sedangkan di Indonesia lebih banyak untuk pembangunan dan pemberdayaan industry rokok. Mungkin inilah penyebab mengapa konsumsi rokok di Indonesia makin meningkat bahkan di kalangan anak-anak.

Yang lebih mengejutkan lagi, berdasarkan data survey Sosial dan Ekonomi Nasional tahun 2009. Rumah tangga termiskin di Negara kita terperangkap konsumsi rokok.
6 dari 10 rumah tangga termiskin memiliki alokasi pengeluarannya untuk rokok dan  sebanyak 68% rumah tangga di Indonesia (secara keseluruhan) memiliki pengeluaran untuk membeli rokok. Bahkan, pengeluaran untuk rokok berada di peringkat ke dua setelah makanan pokok. Terlihat sekali bahwa mereka rela mengorbankan pengeluaran lain yang lebih penting demi rokok,Ckckck..*spechlesss*

Well, aku membuat postingan ini bukan untuk menggurui apalagi mempengaruhi sobat semua untuk mendukung atau bahkan menentang RPP ini. I just want to share aja.  Menurutku ini seperti makan buah simalakama, dibiarin seperti ini (RPP tidak disahkan) bahaya, tapi kalaupun dilanjutin juga gimana dengan nasib ribuan petani Tembakau? Nah, kalau menurut sobat semua gimana???          

Jumat, 06 Januari 2012

Kotak Ajaib


Hmm..Taukah sobat apakah ‘kotak ajaib’ yang aku maksud?
Yup..Televisi.
Salah satu kegiatan yang paling diminati setiap orang adalah menonton Televisi. Para ibu sukanya infotiment dan Sinetron, Remaja sukanya acara music dan Drama Asia, Anak-anak sukanya kartun dan animasi, Bapak bapaknya ni sukanya news dan olahraga. Dan ke semua menu itu tersaji lengkap di sebuah kotak ajaib bernama Televisi. Walaupun saat ini smart phone sudah bisa mengalihkan perhatian sebagian orang dari kegiatan menonton televise, tetap saja televise punya tempat tersendiri. Kehadiran televise di tengah tengah kita sebenarnya memiliki efek atau dampak, baik itu positif maupun negative.  Salah satu dampak positifnya jelas mempercepat penyebaran informasi. Kebakaran yang terjadi di Medan bisa diketahui oleh orang yang tinggal di Sulawesi sesaat setelah kejadian dilaporkan dan disiarkan di televisi. Begitu pula bila terjadi hal lain seperti bencana alam, atau informasi apapun itu bisa langsung kita lihat dari tempat kejadian. Dari segi ekonomi, televise bisa meningkatkan permintaan akan suatu produk melalui iklan. Dan bagi para pekerja seni (artis/selebritis) televisi merupakan sarana menaikkan pamor sekaligus isi kantong tentunya.

Dampak negatifnya tak kalah banyak loh. Salah satunya, adalah pengaruh acara yang di tayangkan di televisi terhadap psikologis penonton.
Dalam acara News atau berita yang banyak sekali didominasi dengan berita criminal, dampaknya orang jadi takut untuk berpergian ke tempat ramai (takut copet), kecurigaan yang berlebihan pada tetangga dan orang terdekat, takut berpergian dengan dengan alat transportasi tertentu misalnya pesawat atau kapal laut (yang sering diberitakan mengalami kecelakaan, padahal jalan kaki juga kalau gak hati-hati bisa tersandung).

Lain lagi dengan sinetron / Infotiment.
Anak-anak jadi dewasa sebelum waktunya (masih EsDe udah kenal pacaran -_-) dan sikapnya jadi terlalu berlebihan / overconfident (lebay). Dan perlu sobat semua ketahui, terlalu sering menonton sinetron bisa membuat kita jadi deg-deg an, ujung-ujungnya bisa mempengaruhi kesehatan loh.. kenapa? Kalau jantung kita berdetak itu karena memompa darah, kalau detakannya terlalu cepat, tekanan darah kita jadi nggak stabil kan?. Selain itu, khusus bagi ibu-ibu, remaja putri dan remaja putra yang keputri-putrian (hallaaahh) yang hobby nonton sinetron, bisa dipastikan tingkat keinginan ghibah (gossip) nya jadi bertambah kan? Dari ngomongin jalan cerita, sampai ujung-ujungnya nyeritain kehidupan pribadi aktris/actor pemeran sinetron itu.
Coba deh sobat pikir, emang ada untungnya, kita ngasih pendapat kalau si A yang sudah punya 2 anak sebaiknya jangan bercerai dari suaminya, kalau pun bercerai dan ingin menikah lagi, menikahnya jangan dengan si X tapi lebih baik dengan si Z karena si X itu temen dekat suaminya (nah..loh..bingung kan?). Berguna juga enggak, malah ngabisin waktu dan nambah dosa lagi. Infotiment juga sebenarnya lebih banyak mudharatnya dari manfaatnya (menurut aku sih). Kenapa? Ya..Ghibah tadi. Gossip..gossip..gosiiiiiip ujung-ujungnya pasti kesitu. “Kalau ga nonton infotiment bisa ketinggalan jaman Non, Nggak gaul, Nggak up to date.” Ada yang nyeletuk gitu. Kalau mau keren dan up to date, caranya bukan nyari tau seluk beluk kehidupan pribadi seseorang kalee.
Cari tau tuh siapa mentri-mentri yang di reshuffle, siapa calon ketua KPK, apa penyebab keributan di Papua?Mesuji itu apaan coba?udah tau belum tentang gerakan menanam 1 milyar pohon? tau nggak apa yang berubah dari Google? Kalau semua tau dan udah action menanam minimal 1 pohon aja, itu baru keren. Jangan sampai nama wakil presiden yang menjabat saat ini juga lupa namanya siapa-_- Eh..yang gampang deh..Pancasila. Coba sebutin dari sila pertama sampai sila kelima, moga-moga masih ingat, kalo nggak ingak berarti hardisknya mesti di upgrade tuh..:P

Tidak ada larangan untuk menonton televisi. Tapi, jangan sampai waktu kita banyak terbuang di depan televisi. Jadikan televisi sarana untuk menambah informasi,belajar, dan hiburan.
Silahkan menonton acara News agar kita tau perkembangan dunia luar dan kondisi Negara, Nonton acara masak memasak, supaya kita bisa tau resep baru dan segera mencobanya.
Menonton lawak, supaya kita terhibur dan menghilangkan penat.
Nonton acara Musik, supaya kita rileks. 
Ajak adik kita nonton acara sport, agar kita bisa mengarahkan ia untuk kegiatan olah raga yang, sehingga ia tidak mudah terpengaruh untuk ikut tawuran.

Well, aku juga bukan orang yang paling tau segala hal. Karena itu, aku juga masih belajar dan selalu mencari tau, apa sih yang terbaru? Ada apa dengan Negara kita? Bagaimana kehidupan saudara-saudara kita yang di luar pulau? Tentang artis aku juga sedikit baca tapi ya cuma sekilas, gak sampe aku bahas tuntas. Alhamdulilah.. sesuatu banget kan? Huahahaha. :D

So, segitu aja dulu cuap-cuap ku. Buat sobat yang nyimak, ambil manfaatnya buang yang tidak bermanfaat. Gunakan produk dalam negri dan buanglah sampah pada tempatnya, karena ini lagi musim hujan, kalau sampai selokan tersumbat, banjir pasti datang melanda ( nggak nyambung-nggak nyambung dah..):D
Take care..See Ya…