Bill
Kejadian ini terjadi di bulan Ramadhan yang
lalu, ceritanya suami ku diundang reunian sama temen temennya ex SMUN4 angkatan 2003. Karena momentnya pas
di bulan puasa, jadinya acara reunian dijadiin acara buka buasa bersama
sekalian deh. Waktu itu, aku ikut terdaftar sebagi undangan juga, namanya juga
satu sekolah dulunya. Cuma beda angkatan aja, jadi sedikit banyak aku kenal ama
semua yang hadir. Yang hadir dalam reuni kecil itu hanya sekitar 12 orang(emang
ngundangnya pun cuma 20an orang -_-). Acara berlangsung lancar walaupun
ditengah kami lagi makan tiba tiba mati lampu. Tapi, syukurnya mati lampunya
Cuma sebentar. Heran juga sih kok bisa sebentar, padahal bisanya kalau PLN udah
melakukan aksi pemadaman gitu minimalnya 1 jam loh. Ternyata eh ternyata di
tengah rasa keheranan yang begitu dalam
#lebay, aku ngeliat ada genset yang nyala di ujung ruangan.
Owalah..pantaslah cepat kali hidup lampunya.
Nah, waktu itu kita semua pada pesan makan.
Ada yang pesan nasi uduk+ayam bakar,
ada yang nasi uduk+bebek bakar, capcay, sambel udang, cah kakung, dll, trus
minumnya juice lengkap dengan kroni kroninya.
(yummy
^__^ )
Kita
semua makan dengan lahapnya. Maklumlah buka puasa gitu loh. Sebagian yang cowok
cowok malah ada yang pake acara nambah lagi. Acara makan berakhir jam 7 malam, berhubung pada mau tarawih begitu
selesai makan trus ngobrol2 sebentar, kita langsung mau pulang. Pada saat mau
bayar kita minta bon/bill nya dari pelayan. Maksudnya kalo udah tau bayar
berapa kita mau patungan semua, dibagi rata. Bill nyampe ditangan kak Susi
(bukan susi similikitinya mas tukul loh :P). Kak susi menerima bill, sesaat
kemudian dia ngumumin deh berapa total biayanya.
K Susi : “Perhatian,,sodara-sodara sekalian. Semuanya kena 390ribu ya.
Bagi dah berapa orang ni.”
Semua manggut-manggut sambil pada ngeluarin
dompet. Nah, aku sendiri yang agak kaget mendengar nominalnya. Perasaan kita
makan ga sampe segitu banyak. Aku udah sering makan di rumah makan ini, dan
setauku harga perporsi ga mahal mahal amat. Dalam hati aku ngerasa apa ga salah
hitung ni pelayan. Daripada penasaran, aku pinjam bill yang dipegang kak susi.
Kebetulan aku juga duduk tepat disampingnya.
Juwita caem (JC) : “ Kak,
coba pinjam bill nya dong”
Kak Susi (KS) : “Napa
Wit?” Katanya sambil menyerahkan bill.
JC :
“Mau liat aja k, perasaan kok agak mahal ya?”
KS :
“ Ah..masa?”
Kak susi ikut merapat disampingku sambil kami
sama sama memperhatikan bill yang ditulis tangan itu. Kami melihat pesanan
satu-persatu. Tiba tiba kak susi nunjuk salah satu menu yang ditulis di bill :
KS : “ Perasaan
kita ga ada pesan terung goring deh,,”
Aku manggut manggut “ Iya kak..”
Kak susi kemudian ngomong sama temen2 yang
lain tapi dengan nada sedikit pelan
“ Bro..kalian ada yang pesen terung goring tadi?”
Yang lain pada jawab “ nggak sus..”
Kami (aku dan kak susi) kembali memeriksa
bill. Ternyata ada lagi yang sepertinya salah. Kak susi ngomong lagi deh
KS : “Ada yang
pesan udang sambal? Ada yang pesan bebek goring selain yusuf?
Kita pesan ikan Nila bakar 2 atau 3 ni?
Yang lain pada bengong.
“ Emang kenapa Sus? Ada yang
salah?” Kak Lida yang dari tadi sibuk sengan juice
jeruknya pun angkat bicara.
KS : “Sepertinya
ini bill banyak salah ni Da. Disini ditulis gak sesuai yang
sebenarnya
kita pesan.”
Semua kembali mengingat ingat apa saja yang
dipesan. Setelah di periksa ulang, ternyata memang banyak kesalah di bill yang
kami terima. Kak Susi yang notabene kerja di bank langsung ngeluarin jurus
itung itungannya. Dan hasilnya yang
seharusnya kami bayar cuma 290 ribu. Tuhh…jauh amit kan selisihnya. Setelah
itu, kak susi dan kak lida ke kasir untuk konfirmasi kesalahan penghitungan.
Terdengar celetukan kak Yusup “ Wahh..mereka
cari khilaf nya kita tu..untuk uang masuk mereka. Ckckckc…mentang mentang kita
rame disini ya..”.
Suamiku menyambung “Untung diperiksa ya suf,
biasanya aku gak pernah loh periksa periksa lagi.”
Kak usup menjawab lagi sambil mengangguk
setuju “Sama, aku juga kalau udah dikasih Bill nya ya liat angka totalnya, trus
langsung bayar deh..wah,lain kali mesti hati hati juga..”
Yang
lain pun kemudian ikut serta berkomentar ria.
Kusenggol lengan suamiku “Mungkin mereka salah
meja kali kak” Kata ku pelan berusahaa berbaik sangka.
“ Tapi
tadi kan di billnya tertulis ni no.mejanya dek” Sahut suamiku.
AKu pun hanya diam.
Semua akhirnya bisa diselaikan tanpa ada
adegan marah marah. Cuma kak susi komplainnya agak sedikit menggelegar suaranya
:P. Si pelayan pun minta maaf, mereka
mengatakan kalau mereka tidak sengaja salah tulis seperti itu.
Well guys, sengaja atau tidak sebaiknya kita
tetap memeriksa bill sebelum membayar. Yah..lebih baik mencegah daripada
membayar lebih kan ?? hehehe..
cermat pangkal selamat.. :)
BalasHapusseringnya komplai kalo pas belanaja di swalayan, kembaliannya pake permen,
"Saya ngga beli permen, Mbak.."
@akhnurhadi :
BalasHapusBener tu, ntr klw dksih kmbalian permen aq jwb gt jg dah.. :D
Saya lebih mantap makan di resto yang kita pesennya sambil nulis sendiri. Nanti bill yang dipake ya tulisan tangan kita sendiri. Jadi aman deh. :)
BalasHapus*yang sering di Waroeng Steak & Shake.
@ I2-Harmony :
BalasHapusHm..bner jg,sptinya cra pmesanan itu perlu di sosialisasikan ya pak :) trimakasih udh brkunjung :)