Label

Blink Blink (5) Tokoh (2)

Rabu, 09 November 2011

Sing N Smile


Sing And Smile  
Pusing..pusing..  bingung nih mau buat tulisan tentang apa ya?
Hmmm..Cerita pengalaman kemaren sore deh.. Begini ceritanya, kemarin pulang kerja ,aku dan suami gak langsung pulang, kita berdua mau nyante-nyante sambil ngemil gt rencananya. Sambil jalan kita mikir ni diatas motor, mau kemana kita selonjorannya. Alternative sih banyak hanya saja kita lagi gerakan irit sedunia. Jadi maunya nyari tempat yang murah meriah dan mengenyangkan hahay.. jatuh lah pilihan kami ke suatu tempat ditengah kota yang sering disebut tanah lapang Simarito. Disebut tanah lapang karena emang tu tempat lapang (ga penting bgt kyknya ya)sering dipake buat upacara 17 belasan, shalat ied, kadang juga bazaar. Tapi kalo hari hari biasa tu tanah lapang kosong, yang rame di sekelilingnya. Banyak banget yang jualan di sono. Dari mulai tukang sate, sate ayam,sate yang dari jauh juga ada tuh, sate padang :D, nasi goreng juga ada, ada yang biasa, special pake telor mata kerbau eh..mata sapi, ada juga yang namanya nasi goreng Pattaya. Jagung bakar, mie goreng,  Aneka jus sampe soup buah juga tersedia. Lengkap lengkip lah pokoknya. (Loh?kok jadi kayak aku yg jualan gini yak?)
Well, kami memutuskan untuk mampir dan memesan mie goreng bijag. Tau ga Bijag tu apaan? Bijag tu Bihun Jagung. Warna nya sama kayak bihun biasa tapi yang ini lebih tipis dan lembut, apalagi kalau digoreng pake telor trus dimakan panas panas..Hmmmm..yummmyyy..
 (jangan ngences yak?:D)
Sambil menunggu pesanan, aku dan suami ngobrol-ngobrol ngalor ngidul gitu dweh.. tanpa kami sadari ada yang berdiri tepat di depan kami duduk, kalau aku tebak sih umurnya kira kira 16 taonan gitu. Kami kira dia tuh salah satu pelayan yang mau nanyain “pesan apa lagi?” Cuma sebelum kami mengucapkan sepatah kata, tau gak dia ngapain? Dia tepuk tangan sodara sodara. Yup..tepuk tangan. Gak bisa dibayangkan gimana tampang bengong kami berdua ngeliat aksi tu anak tanggung. Nah, yang kami liatin malah cuek, trus tepuk tangannya makin kuenceng..tambah lagi dia nyanyi..Yup..sekali lagi dia nyanyi prenn.. Aku baru ‘ngeh’ hampir aku kira dia tu orang yang (Maaf) agak kurang waras gt,,ternyata dia mau ngamen toh..Owalah… ‘Deg’ juga aku ngeliat ada yang ngamen ga pake alat music Cuma pake tepuk tangan doang. Kalo dibayang bayangin kaya anak pramuka yang lagi ‘tepuk pramuka’ Cuma bedanya ni anak nyanyinya ga terlalu jelas, kurang semangat, mana pandangannya kekanan kerikiri lagi, ga focus gitu sama audience nya. Kami liatin, dia malah salting, salah tingkah gitu, pandangannya makin kemana mana (Dia niat gak sih sebenernya????) beberapa saat kemudian tepukan nya selesai. Kita nyodorin uang ga seberapa sih Cuma dua rebu. Begitu diterima eh..dia ngeloyor gitu aja. Jangankan say thank u, say good bye juga nggak.
Geleng geleng dah kita berdua. “Ngak apa,ikhlas dek” gitu kata suamiku.
 Akunya sih sebenernya ikhlas aja. Cuma caranya itu loh. Bikin sedikit eneg. Honestly, diluar sikap si pengamen ala kadarnya tadi yang cuek abis, ada sih terbersit decak kagum aku untuk si pengamen. Bayangin, mungkin karena dia nggak punya alat music yang bisa di maenin makanya di tepuk tangan gitu sambil nyanyi. Dan mungkin juga prinsipnya gak ada rotan akar pun jadi, ga ada akar ranting pun jadi, pokoknya apa yang ada itulah yang dipake. Saluuttt… di luar sedikit sekali orang yang berani berprinsip seperti itu. Kalo semua kaya dia tu prinsipnya, aku jamin..tanah lapang bakal rame ama tepok tangan hehe..becanda:D. maksudnya kalo semua kayak dia pasti tingkat kriminalitas seperti copet,maling dan sebangsanya bakalan berkurang. Hal positif yang bisa aku ambil dari si pengamen tanpa alat itu adalah mentalnya. Setidaknya ia nyari duit halal bahkan ga meminta minta toh? Dia jual suaranya untuk menghibur, walau ala kadarnya. Cuma satu hal yang kurang dari dia, dia kurang kreatif. Seharusnya dia kan bisa ngunain botol air mineral yang kecil aja, trus masukin batu kecil di dalemnya, di guncang2in kan bunyi tu, atau buat kek sejenis kecrek yang sering dipake pengamen yang dibuat dari tutup botol yang di pipihkan trus di paku di sebatang kayu digoyangin juga bunyi kan? Tapi ya sudahlah,,mungkin dia lebih suka yang simple hehe..
Lanjut,, Bijag yang kami pesan akhirnya datang juga. Kami pun menyantapnya dengan berapi-api, maklum..laper sih hehe ..:P . Tiba-tiba dating lagi ni seseorang. Kali ini yang datang seorang laki laki juga, tapi udah lebih dewasa dari pengamen tadi. Nah, beliau ini membawa keranjang di kanan dan kiri yang berisi penuh dengan makanan ringan, dari mulai kerupuk sampe kiripik, emping juga ada. 

“Mbak, Mas cemilannya??” Dengan wajah tersenyum ramah ia menawarkan dagangannya. Aku menoleh kearah suamiku dan ternyata dia juga demikan, jadi pandang pandangan deh kami. Ngeliat wajah ramah si penjual gak tega rasanya kalo dbeli fikirku dalam hati.
“Kasih 2 deh bang” Jawabku sambil menyerahkan uang goceng yang diterimanya dengan wajah yang makin sumringah.
“ Makasih ya Mbak, Mas “ Ucapnya sebelum berlalu dari hadapan kami.
“ Ramah ya kak” Kataku pada suamiku yang sedang meneguk teh panas.  
“ Iya, Abang itu memang ramah, Kalaupun kita gak beli dia bakalan tetap bilang makasih. Makanya kalo dia nawarin dagangannya jarang ga kakak beli.” Suamiku menjawab panjang lebar. Aku membenarkan dalam hati.

Sebenarnya, kalau cara si abang penjaja kerupuk tadi kita aplikasikan ke bisnis/usaha apapun itu pasti hasilnya juga gak jauh beda. Pasti konsumen/klien jarang yang menolak untuk membeli atau bekerjasama dengan kita. Bahkan tdak menutup kemungkinan kalau para pembeli akan jadi pelanggan. Karena sebenarnya yang bisa memenangkan hati konsumen adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah dan penuh senyum adalah hal penting untuk kemudian di berengain dengan kualitas produk. Kualitas produk yang baik kalau pelayanannya kurang pasti berdampak pada menurunnya permintaan produk.
Nah, Semoga sobat bisa mengambil nilai positif dari setiap kejadian kecil yang kita alami sehari hari. Semoga Si pengamen tanpa alat bisa makin kreatif dan semoga dagangan si abang penjaja kerupuk makin laris manis semanis senyumnya (Uhuuyyy..)
Seee Yaaaaa.. J










Tidak ada komentar:

Posting Komentar