Label

Kamis, 08 Maret 2012

Srikandi Nusantara yang Luar Biasa





Beliau adalah seorang ekonom yang cantik, luwes, cerdas dan populer. Sejak decade 1990 an, ia sering tampil di panggung seminar dan talk show di televise. Ia juga merupakan dosen Fakultas Ekonomi (FE-UI) yang menjadi anak binaan kesayangan dari Prof. Widjojo Nitisastro yang lama memimpin Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FE-UI. Kurang dari empat tahun, tiga jabatan Menteri disandangnya, setelah sebelumnya menjadi Executive Director IMF. Tiga jabatan menteri yang disandangnya belum pernah dipimpin oleh seorang perempuan sebelumnya.  
gbr.dr sini
Siapakah dia? Ia bernama lengkap Dr.Sri Mulyani Indrawati atau lebih akrab dipanggil Mbak Ani. Sebelum diangkat menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional di cabinet Indonesia Bersatu, Ia Hijrah ke Atlanta, Amerika Serikat sebagai konsultan di USAid untuk kemudian terpilih menjadi Executive Director Dana Moneter Internasional (IMF) mewakili 12 negara Asia Tenggara, lagi-lagi dialah perempuan pertama dari Indonesia yang menduduki posisi itu. Pada saat ia menjadi konsultan di USAid, ia menjalin kerja sama dengan lembaga bantuan milik pemerintah AS, untuk memberikan beasiswa S-2 bagi para pengajar di daerah dari Aceh, Jawa, Kaltim, Sulut dan Papua. Programnya disetujui, malah yang awalnya hanya untuk satu tahun, diperpanjang menjadi dua tahun karena Ibu Sri Mulyani masih diperlukan untuk konsultasi pengelolaan program USAid.

Ibu dari seorang putrid dan dua orang putra ini, kini berstatus sebagai Mantan Menteri Keuangan, namun Ibu Sri Mulyani malah ramai dibicarakan menjadi kandidat Presiden Bank Dunia menggantikan Robert Zoellick. Hal ini dilihat dari pemungutan suara yang dilakukan di sebuah situs dunia maya ini. Ia menempati peringkat pertama dengan dukungan yang jauh melampaui 8 nama kandidat yang lain. 

Walau demikian, Stefan Koeberle yang merupakan Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia mengatakan bahwa masalah kandidat President Bank Dunia adalah keputusan pemilik Bank Dunia, dan proses pemilihannya dari April dan berakhir di bulan Juli.

Pencalonan dapat dilakukan oleh anggota Dewan Executive / Dewan Gubernur melalui Director Executive nya. Setelah proses pencalonan ditutup, Dewan executive akan membentuk shortlist maksimum 3 nama, untuk kemudian mempublikasikannya dengan persetujuan tiga nama yang bersangkutan.

Proses yang panjang memang untuk menjadi seorang President Bank Dunia, namun bila Ibu Sri Mulyani benar benar berhasil menduduki jabatan tersebut, Indonesia boleh bangga karena salah seorang Srikandinya mencapai posisi yang tidak biasa dan akan disegani oleh banyak Negara di dunia.

Berbicara tentang filosofi hidup, Ibu Sri Mulyani pernah mengatakan :
Hidup hanya sementara, oleh karena itu ia hanya ingin memberikan dan melakukan yang terbaik kepada Bangsa, Negara, Agama, dan Keluarga. Serta ingin menikmati hidup bahagia, damai dengan diri sendiri dan sekitarnya.

Selamat Hari Perempuan Sedunia ^^
Happy Womens Day ^^

Sumber :
-          DetikNews
-          Metrotvnews
Worldbank

11 komentar:

  1. keep moving forwards =)
    keluarkan semangat
    \(^o^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Maya:) Semangattt \(^_^)/

      Hapus
  2. selamat hari perempuan sedunia :)

    BalasHapus
  3. tapi mbak sri ni partainya lucu yak. . . . hehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini saya ngomongin sisi pribadi dan prestasi beliau, bukan partainya :))

      Hapus
  4. selamat hari perempuan sedunia ya, walaupun hari lelaki sedunia blom ada #sedih :p
    tp bener lho, berikan yg terbaik untuk semua hal, setuju :p

    BalasHapus
  5. menteri keuangan terbaik asia yg didepak dari negeri sendiri...
    entah kabur atau ada yg ga suka dia di rumahnya...
    :P

    BalasHapus
  6. happy womens day....
    selamat buat para wanita...
    :)

    BalasHapus
  7. Pokoknya I like Ibu Sri Mulyani. nice share.

    BalasHapus
  8. saya juga sangat kagum dengan beliau (bu sri mulyani), rare sekali orang yang sangat jujur seperti beliau, padahal klo mau nengok samping kanan atas bawah duit semua isinya O_O
    waiting for the next indonesian inspirative person :)

    BalasHapus