Label

Minggu, 01 April 2012

Tradisi Cheng Beng

Salah satu Tradisi penting yang ada pada masyarakat etnis Tiong Hoa selain Imlek adalah Cheng Beng atau dalam bahasa Mandarin disebut QingMing. Bahkan sebagian orang lebih mengistimewakan tradisi ini. Cheng Beng merupakan tradisi ziarah ke makam leluhur yang dilakukan setiap tahun dan dimulai dari tanggal 25 Maret sampai tanggal 5 April. Biasanya, para etnis Tionghoa yang pergi merantau jauh dari kampung halaman pun akan pulang untuk melaksanakan ziarah Cheng Bheng ini.

Tradisi ini sudah dilaksanakan sejak jaman dinasti Tang. Pada jaman itu, hari cheng beng
ditetapkan sebagai hari libur sekaligus hari wajib bagi para pejabat untuk menghormati para leluhur yang telah meninggal dan mengimplementasikannya dengan membersihkan kuburan para leluhur, sembahyang dan lain-lain.

Di dinasti Tang, implementasi hari cheng beng hampir sama dengan kegiatan sekarang, misalnya seperti membakar uang-uangan, menggantung lembaran kertas pada pohon Liu, sembayang dan
membersihkan kuburan. Yang hilang adalah menggantung lembaran kertas, yang sebagai
gantinya lembaran kertas itu ditaruh di atas kuburan.

Bagi masyarakat Tiong Hoa, ziarah ini dianggap sebagai upacara sangat resmi. Mereka datang dari jauh - dari seberang lautan. Ada yang datang dari Hongkong - Singapura - Malaysia buat ber- Cheng Beng di tanah kelahirannya untuk sembahyang Cheng Beng di pekuburan para leluhur dan orang tuanya.

Apapun namanya, ziarah merupakan sesuatu yang bisa mengingatkan kita akan hal yang pasti datang kepada setiap yang hidup yaitu kematian.
Semoga bemanfaat ya..:)

37 komentar:

  1. yang mati adalah yang tidak mempunyai kepentingan dan hasrat...
    sangat baik untuk memoriam...
    :)

    BalasHapus
  2. sekarang lagi pada ceng beng ya, pantesan si apuy dari kemaren gak kelihatan, mudik kali dia ya :D

    BalasHapus
  3. Owalah ini ta cheng beng tuh.
    Mbak Ju juga ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut Na hehe..
      Walaupun tidak mengikuti ritualnya :)

      Hapus
  4. memberikan + di blog sobat....

    Falah Mulyana berkunjung di blog sobat untuk bersilaturahmi dan mengucapkan Happy Blogging sobat,,,,,,,,,

    Sukses selalu

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu hehe.. Thanks atas infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung..:)

      Hapus
  6. aku hadir...lama tak berjumpa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..apa kabar ni?? makasih udh mampir:)

      Hapus
  7. makasih yg sdh memperkenalkan sedikit dr tradisi cina... :)

    BalasHapus
  8. 1+ untuk aartikel ini, semoga bermanfaat untuk sahabat semua ....
    amin ^_^

    BalasHapus
  9. wah...baru tahu.....
    makasih infonya

    BalasHapus
  10. Jadi sedikit ngerti tradisi masyarakat tionghoa.

    BalasHapus
  11. jadi cheng beng itu ziarah, ziarah emang perlu sih buat ngingetin yg masih hidup kalo kita gak selamanya hidup di dunia. nice share. :)

    Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai.

    BalasHapus
  12. punya award buat kk .. silah kan diamil http://danangabimanyunew.blogspot.com/2012/04/award-to-you.html

    BalasHapus
  13. Magic.
    artikel syarat akan wawasan

    salam

    BalasHapus
  14. lama juga ni gk update postingan..., smg sehat selalu yaa. :)

    BalasHapus
  15. ho'oh, baru ngerti .. ijin nyimak .. hehe

    Ziarah itu emang baek, sembari mengingatkan kita untuk mensyukuri hidup yang masih ada sekarang :D

    BalasHapus
  16. aku kira ziarah cuma ada di islam doang . . .

    BalasHapus
  17. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  18. teh Juwita mampir disini dpt wawasan tentang chen beng wah makam keramat nih ehhe,... sekalian follow blog ini #60..di follback ea teh juwita..thx a lot... :D

    BalasHapus
  19. wah infonya bagus sob..
    sangat bermanfaat & lengkap lagi..
    makasih ya :)
    salam kenal :)




    #Happy BLogging :D

    BalasHapus
  20. wahh.. makasii loh mbak.. baru tau istilah en namanya :)

    Indonesian Strong from Home

    BalasHapus
  21. wah, baru tau nih. nice info:D

    BalasHapus
  22. Numpang lewat ya gan :)

    http://idr-poker.blogspot.com/

    http://beritaolahraga108.blogspot.com/

    http://lihatberitaakurat.blogspot.com/

    http://liatberitabola.blogspot.com/

    http://beritaolahraga1081.blogspot.com/

    http://infobolakakiterbaru.blogspot.com/

    http://beritasportsterpercaya.blogspot.com/

    http://seputarberitabola108.blogspot.com/

    http://beritaterbaruseputarolahraga.blogspot.com/

    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    BalasHapus
  23. kira-kira saya boleh ahu lebih jauh gak tentang tradisi chengbeng... soalnya saya ingin mneliti ttg chengbeng

    BalasHapus